Headlines

Pulau Solor, sebuah pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur, menyimpan satu sekolah unik yang patut diketahui, yaitu Sekolah Solor. Sekolah ini tidak hanya memberikan pendidikan formal kepada anak-anak, tetapi juga mengajarkan mereka tentang pentingnya menjaga lingkungan dan kelestariannya.


Pulau Solor, sebuah pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur, menyimpan sebuah sekolah unik yang layak untuk diketahui, yaitu Sekolah Solor. Sekolah ini tidak hanya memberikan pendidikan formal kepada anak-anak, tetapi juga mengajarkan mereka pentingnya menjaga lingkungan dan kelestariannya.

Sekolah Solor, atau yang dikenal juga dengan nama Sekolah Alam Solor, didirikan pada tahun 2010 oleh sekelompok penduduk setempat yang peduli dengan pendidikan dan lingkungan. Mereka menyadari pentingnya mengajarkan anak-anak tentang lingkungan sejak dini, serta mempersiapkan generasi muda untuk menjadi pemimpin yang bertanggung jawab terhadap alam sekitar.

Pendekatan pendidikan di Sekolah Solor sangat berbeda dengan sekolah-sekolah konvensional. Di sini, anak-anak tidak hanya belajar dari buku teks dan kelas formal, tetapi juga melalui kegiatan di alam terbuka. Mereka belajar tentang alam, tumbuhan, dan hewan yang ada di sekitar mereka. Mereka juga terlibat dalam kegiatan pertanian organik dan pembuatan kompos sebagai bagian dari pendidikan mereka.

Salah satu aspek unik dari Sekolah Solor adalah program pengelolaan air. Pulau Solor memiliki keterbatasan pasokan air bersih, sehingga penting bagi anak-anak untuk memahami dan mempraktikkan penggunaan air yang hemat. Mereka belajar tentang siklus air, teknik pengumpulan dan penyimpanan air hujan, serta penggunaan air secara efisien di kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Sekolah Solor juga mengajarkan anak-anak tentang pentingnya pengelolaan sampah. Mereka diajarkan untuk memilah sampah dan mendaur ulang bahan-bahan yang dapat didaur ulang. Sekolah ini juga memiliki kebun kompos, di mana anak-anak belajar mengubah limbah organik menjadi pupuk yang berguna untuk pertanian mereka.

Dengan pendekatan yang unik ini, Sekolah Solor berhasil menciptakan generasi muda yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Anak-anak tidak hanya mendapatkan pendidikan formal yang baik, tetapi juga memahami tanggung jawab mereka sebagai warga dunia dalam menjaga kelestarian alam.

Sekolah Solor telah mendapatkan pengakuan dan apresiasi dari berbagai pihak. Mereka telah menerima penghargaan sebagai sekolah lingkungan terbaik di Nusa Tenggara Timur dan telah menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain di Indonesia. Banyak orang yang datang ke Sekolah Solor untuk belajar tentang pendekatan mereka dalam mengintegrasikan pendidikan dan lingkungan.

Dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan kerusakan lingkungan, Sekolah Solor memberikan harapan bahwa generasi muda dapat menjadi agen perubahan yang bertanggung jawab terhadap bumi kita. Dengan pendidikan yang holistik dan fokus pada lingkungan, Sekolah Solor membantu menciptakan pemimpin masa depan yang peduli, sadar, dan bertanggung jawab terhadap alam.

Referensi:
1. “Sekolah Alam Solor: Sekolah Lingkungan Terbaik di Nusa Tenggara Timur.” Kompas.com, 17 Juli 2019,
2. “Sekolah Solor, Eco School di Pulau Solor NTT.” The Green Asia, 26 November 2019,
3. “Sekolah Alam Solor.” Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,